Pages

 

Sabtu, 06 Januari 2018

Ganti Batere Obeng Elektrik

7 komentar
Salah satu perlengkapan yang umumnya dimiliki sobat-sobat yang suka sekali berkreasi atau berkecimpung di dunia teknik ataupun juga yang gemar ber "DIY", tentunya sangat familiar dengan tool yang satu ini, yaitu obeng elektrik (electric driver). Tool yang satu ini disinyalir dapat membantu memudahkan kita dalam pekerjaan khususnya memudahkan membuka dan memasang skrup atau baut.
cara mengganti obeng elektrik
obeng elektrik
Seiring waktu dan umur pemakaian maka lambat laun tenaga dari obeng ini akan berkurang meskipun di isi ulang sesering mungkin pun batere obeng ini cepat habis, karena obeng ini menggunakan batere 1,2 volt sebanyak 4 buat yang dihubungkan secara seri. Oleh sebab itu jangan berkecil hati dengan masalah tersebut....yaaa!!!..., kita bisa mengganti batere itu sendiri, tentunya semua itu kita lakukan untuk mengurangi cost pengeluaran, toh..kalau cuma batere saja bisa kita ganti kan..!! hehe. Oke langsung saja tanpa perlu banyak basa basi.

LANGKAH PEKERJAAN

Buka semua skrup yang ada pada body obeng elektrik dengan menggunaka obeng plus, perlu diperhatikan ada skrup yang berada di balik stiker obeng kita buka juga, setelah itu buka chasing obeng secara perlahan sampai bagian cover terlepas.



ganti batere obeng elektrik



Pada gambar diatas yang saya lingkari ada batere 4 buah jadi kondisi diatas batere sudah saya lepas karena waktu itu saya lakukan pengecekan kondisi batere satu per satu dan ternyata ada 2 batere yang rusak. Siapkan batere pengganti sebanyak 4 buah karena kita perlu kondisi batere yang sama, seandainya kalian mengecek ada batere yang masih baik belum tentu juga kapasitas ampernya masih bagus. Sekedar memberikan informasi, bahwa pada artikel ini selain mengganti batere saya juga akan mengganti kapasitas batere yang awal menggunakan batere 1,2 volt di upgrade manjadi 3,7 volt yang nanti akan di hubungkan secara seri pararel.



Ganti Batere Obeng Elektrik



Pada gambar diatas sebelah kiri adalah batere bawaan dan yang sebelah kanan yaitu batere pengganti dengan kapasitas lebih besar. Hubungkan batere baru dengan formasi 2 seri dan kemudian di pararel, jadi total kapasitas tegangan yaitu 7,4 volt. Anda tidak perlu khawatir seandainya menambah tegangan akan berpengaruh ke motor tidak....tentu saja ada....!!! Rpm obeng dan torsi obeng akan jauh lebih besar dari pertama anda beli obeng ini dengan batere bawaan, saya sudah membuktikan sendiri tidak berpengaruh terhadap resiko terbakar atau rusak pada motor karena kelebihan voltase, karena untuk motor DC yang menggunakan carbon brush mampu menerima tegangan sampe 50% dari tegangan kerjanya, artinya untuk motor 12 volt bisa di beri tegangan sampai 18 volt .


ganti batere obeng elektrik


Setelah rangkaian batere dirakit seperti gambar diatas, tinggal pasang kembali ke cover obeng elektrik yang kita bongkar tadi, jangan lupa agar polaritas tidak terbalik kabel merah untuk positif dan kabel hitam untuk negatif dengan menggunakan solder, seandainya kalian tidak sengaja memasang polaritas kabel dan batere terbalik, tenang saja itu tidak akan merusak obeng listrik kita hanya saja untuk trigger yang nanti kita tekan yang harusnya berputar kekiri akan berbutar kekanan.

Oke mungkin sekian dulu informasi yang bisa saya berikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba, untuk informasi tayangan video bisa anda lihat di bawah...wassalam.





7 komentar:

Belajar Sepanjang Hayat mengatakan...

Mksih infonya gan kebetulan obeng elektrik sy jg ngdrop terus ..mo tak coba ganti baterainya,izin copy artikelnya ke laptop

ochid mengatakan...

silahkan om, terimakasih sudah berkunjung

Unknown mengatakan...

Kalo pake baterai lampu swat bisa ngga om? Trus kalo rangkaian 18v butuh brp baterenya?

Sugiyagi mengatakan...

Gan di mana jual mata bor sejenis yang lebih baik dan kwalitas tks.

Unknown mengatakan...

Bang boleh lihat rangkaian kabel"nya. Soale punya saya persis itu.tpi kabel"nya pada putus.mau nyambung"in lagi takut salah

Sudarmin Sastro Utomo mengatakan...

Mantap trimakasih info nya...teruslah berinovasi untuk sesama...ijin comot ya mas trims

Blognya Deday mengatakan...

boleh dong rangkaian kabelnya dishare. banyak yang lepas nih ke pcb nya

Posting Komentar

Untuk komentar gunakan bahasa yang santun dan tidak keluar dari tema artikel. terimakasih...

 
ochid85 © 2017