Pages

 

Sabtu, 30 Desember 2017

Rangkaian Lampu Emergency Menyala Otomatis Dengan Menggunakan Relay

11 komentar
Listrik memang sudah menjadi kebutuhan vital bagi umat manusia terlebih lagi setelah terciptanya peralatan elektronik, sebagai contoh untuk kebutuhan penerangan yang pada zaman dahulu menggunakan lampu "teplok"  kini beralih ke lampu listrik baik itu lampu pijar, TL, bahkan yang terbaru yaitu LED dengan adanya penerangan lampu listrik memudahkan aktifitas yang dilakukan pada waktu gelap atau malam hari. Tapi terkadang kendala kerap kali terjadi mulai dari korsleting sampai adanya pemadaman listrik dari PLN, terlebih lagi pemadaman yang terjadi kala malam hari, itu terkadang yang membuat aktifitas terganggu dengan masalah penerangan. Pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit info yaitu membuat lampu emergency dengan menggunakan bahan dan material yang mungkin sering kita jumpai dan sebagai saklar otomatisnya akan kita gunakan relay. Adapun bahan-bahan yang kita butuhkan yaitu:



1. Relay 220 volt
2. Beberapa saklar
3. Aki/Baterai
4. Trafo 12 volt 1 amper
5. Dioda 3 amper 4 buah
6. Fitting inverter 12 volt
7. Lampu LED 18 watt
8. Beberapa helai kabel
9. lampu LED kecil dan R 500 ohm


Langkah perakitan:

1. Rangkaian unit charger untuk pengisian aki atau baterai

Rangkaian dioda full wave


   Rangkaian ini berfungsi untuk mengisi ulang batere ketika listrik PLN menyala dan dibuat dengan funsi manual artinya kita sendiri yang memprediksi lamanya waktu pengisian ulang dengan menggunakan saklar sebagai kontrol on dan off nya. 

2. Full wiring

Skema rangkaian lampu emergency dengan relay
    Seperti skema rangkaian di atas sangat mudah untuk diikuti karena tidak menggunakan komponen yang spesial semua bahan dengan mudah bisa kita dapatkan di toko elektronik, hanya tinggal kebutuhan kita saja dimana titik yang akan kita beri penerangan.

3. Pemasangan kabel pada relay




    Untuk pemasangan kabel pada relay kita gunakan jalur NC (normaly close), artinya ketika koil relay diberi arus 220 volt jalur NC akan membuka artinya koneksi akan terputus, begitu koil relay tidak diberi arus maka fungsi NC akan menutup disinilah nantinya posisi ketika PLN mati dimana jalur NC untuk menghubungkan arus dari aki/baterai ke lampu.


Skema relay














Untuk koneksi NC bisa kita hubungkan antara 1 dan 9 atau bisa juga antara 4 dan 12, seperti pada gambar diatas. Untuk instalasi dan pamakaian lampu penerangan tinggal di sesuaikan dengan kebutuhan, rangkaian diatas bisa digunakan untuk penggunaan lampu lebih banyak lagi hanya tinggal pemasangannnya bisa dipararel atau menggunakan saklar untuk tiap-tiap lampunya. Untuk  video perakitan bisa kalian lihat di video ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 




   

11 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau pesan sudah jadi kirim ke bandung bisa gan ?

ochid mengatakan...

bisa saja gan tp saya masih direpotkan pekerjaan harian sebagai karyawan

Unknown mengatakan...

Minta skemanya gan yg pake timer. Trims

Unknown mengatakan...

Maaf mas mau tanya aki yang bagus dipake aki kering atau aki basah.terima kasih

ochid mengatakan...

pakai aki apa saja bagus kok, aki kering juga oke free maintenence tp chargernya d buat yg pakai limiter om, klo yg di video kan ndak

Unknown mengatakan...

Mas mau tanya kalau untuk dimmer switch apakah netral masuk saklar atau gk,kalau minta tolong wiring nya.terima kasih

Unknown mengatakan...

Maaf master bisa lebih jelas skemanya master. Saya mau coba

Unknown mengatakan...

kira" klo pesan yg sudah jadi brpaan ya mas ?

Unknown mengatakan...

Ak jg gan pesan.satu donk udh jdi. No kontak ak 087742779577 kalau wa ready fast res

Unknown mengatakan...

Maaf mz.. Sekema dibagian relay minta diperjelas lagi jalur2nya..
Maap mz.. Saya ingin bikin sendiri.🙏🙏🙏

Iam Ncu mengatakan...

Saya tertarik dengan skema ini gan,tapi saya mau tanya sedikit apa di posisi carger on ketika accu sudah terisi penuh apakah aliran cargernya auto off atau manual harus kita sendiri yg atur lama pengecasan....

Posting Komentar

Untuk komentar gunakan bahasa yang santun dan tidak keluar dari tema artikel. terimakasih...

 
ochid85 © 2017